BAB 3 "Akses Internet"



1.     Browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet.
2.     Beberapa browser yang dapat digunakan: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, dan Netscape Navigator.
3.     Pengguna Internet Explorer saat ini mencapai 93,7%. Internet Explorer dinyatakan sebagai browser yang paling banyak digunakan.
4.     Kelebihan-kelebihan Internet Explorer: tidak memerlukan memori komputer tang terlalu besar, Internet explorer sudah secara otomatis terinstal jika komputer menggunakan sistem operasi windows.
5.     Kekurangan Internet Explorer: Ukuran aplikasinya besar mencapai 80Mb, fitur-fiturnya masih sedikit, kecepatan browsing lambat.
6.     Mozilla Firefox/phoenix/Mozilla Firebird adalah penjelajah web antarplatform gratis.
7.     Kelebihan Mozilla Firefox: Ukuran aplikasinya relatif lebih kecil, Fitur-fiturnya banyak, tampilan halaman lebih luas, kecepatan aksesnya cepat.
8.     Kekurangan dari Mozilla Firefox: Memakan banyak memori komputer, Harus diinstal terlebih dahulu.
9.     Searh engine atau mesin Pencari merupakan situs yang dirancang khusus untuk menemukan alamat website berdasarkan kata kunci yang diinginkan oleh pencari informasi.
10. Ada beberapa search engine yaitu: Google,altavista, excite, yahoo, scirus, finqoo, alltheweb.
11. Google merupakan mesin pencari yang sangat terkenal dan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. http://google.com
12. Altavista merupakan salah satu mesin pencari terbesar. http://altavista.com
13. Excite merupakan salah satu mesin pencari yang mampu menampilkan informasi berupa web, gambar, berita, audio, dan video. http://excite.com
14. Scirus adalah nmesin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan. Scirus memberikan rekomendasi pencarian kemampuan untuk melakukan pencarian disitus lain dan kemampuan untuk menyimpan email atau melakukan export situs. http://scirus.com
15. Alltheweb mampu mencari informasi berupa gambar, video, MP3 dan file FTP. http://alltheweb.com
16. Fasilitas-fasilitas yang ada diinternet adalah: e-mail, mailing list, chatting, FTP (File Transfer Protocol), Telnet, Teleconference (konferensi jarak jauh).
17. Mailing List adalah group diskusi yang ada diinternet dimana setiap orang dapat berlangganan  dan berpartisipasi didalamnya. 
18. Chatting merupakan sarana bagi para pengeakses untuk berkomunikasi melalui internet. 
19. FTP berfungsi untuk mengirim berkas file yang berisi tulisan, gambar, animasi. musik, atau game dalam internet.
20. Perbadaan mengirim surat melalui email dan mengirim surat melalui kantor pos:
  •  Jumlah lembar kertas yang akan dikirimkan kekantor pos tidak terbatas. Namun kita harus memerlukan biaya yang sangat besar jika ingin mengirim seratus bahkan sampai seribu lembaran kertas. oleh karena itu mengirim surat melalui  email itu lebih praktis dan efisien.
  • pengiriman email dapat dilakukan kebanyak orang sekaligus.
  • pengiriman surat melalui email lebih mempercepat waktu.
  • Pengfiriman email tida dipengaruhi oleh cuaca. 

0 komentar:

Posting Komentar