BAB 1 "Dasar-Dasar Internet" TIK

  1. Internet (Interconnection Network) adalah hubungan antarjaringan komputer (network).
  2.  Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak internet dan protokol TCP (Transmission Control Protocol) /IP (Internet Protocol) atau HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). 
  3.  Protokol itu sendiri adalah sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua atau lebih komputer saling berkomunikasi.
  4. Keuntungan dalam penggunaan internet yaitu: Produktivitas Kerja, Pemanfaatan Waktu, Komunikasi, Operasi dan Manajemen, Kerangka Perubahan Budaya Kerja. 
  5. Web yaitu jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi melalui internet. 
  6. WWW  singkatan dari World Wide Web yang artinya adalah merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal diseluruh dunia. 
  7. WebSite merupakan sebuah alamat di WWW yang menyediakan informasi-informasi tertentu. 
  8. Web Page merupakan lembaran lembaran halaman suatu website sedangkan Homepage adalah halaman muka suatu website.  
  9. Browser adalah aplikasi di internet yang dipakai untuk menjelajah dunia internet. Contohnya: Internet Explore, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, Google Chrome, Opera Mini, dll. 
  10. Search Engine merupakan aplikasi pencari data, informasi, alamat website lain. Contohnya: Google, Altavista, Excite, Scirus, FinQoo, Alltheweb,dll. 
  11. Download adalah pengambilan data dari suatu website ke komputer, sedangkan upload adalah mengirim data dari komputer pengguna ke suatu website.
  12. E-mail adalah surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima melalui internet. Contohnya: Gmail, Yahoo, dll.\
  13. URL (Universal Resource Locator) adalah sistem penamaan alamat suatu website. URL sering dinamakan Internet Addredd (alamat internet). 
  14. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antarserver komputer dalam internet. HTTP juga termasuk dari bagian URL yang mengindentifikasi lokasi website. HTML (Hyper Text Mark up Languange) merupakan standar format untuk dokumen hypertext. 
  15. Hub merupakan alat yang berfungsi sebagai pusat suatu jaringan. Koneksi jaringan didistribusikan melalui hub. 
  16. Client adalah komputer pengakses internet biasa dipakai oleh pengguna. Server adalah komputer penyedia data yang akan diakses oleh client. 
  17. Modem singkatan dari Modulator Demodulator yaitu alat yang diperlukan oleh sebuah komputer untuk menghubungkan dengan komputer lain melalui jaringan internet. modem dapat mengubah data serial yang dimiliki oleh komputer menjadi sinyal audio yang dimiliki oleh kabel telepon atau dari sinyal audio menjadi data serial. 
  18. Alamat IP merupakan identitas sebuah komputer dalam jaringan yang terdiri dari empat bagian (1-255). Contohnya: 101.09.45.015. 
  19. Kecepatan akses internet berdasarkan salurannya yaitu Dial Up melalui jalur PSTN, ADSL,GPRS, 3G, WiFi, Wireless Broadband, LAN, TV Kabel. 
  20. Keunggulan Internet: Jangkauannya bersifat umum yang artinya tidak mengenal tempat waktu dan jalur birokrasi, Tidak dibatasi oleh waktu, Menjadi daya tarik orang-orang untuk menggunakan internet. Kelemahan Internet: Adanya penyebaran virus komputer melalui internet, Karena banyak pengguna yang mengakses internet maka akan memperlambat akses internet.

0 komentar:

Posting Komentar