BAB 2 "Perangkat Jaringan dan Koneksi Internet"



  1.  LAN (Local Area Network) merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung. Jarak yang dapat dijangkau ± 10 km. LAN dapat dibedakan berdasarkan 3 karakteristik yaitu ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya.
  2. Keuntungan dari LAN adalah sebagai berikut: Pertukaran file dengan mudah, Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client, File data dapat disimpan pada server, Proses backup menjadi mudah dan cepat.
  3.  MAN (Metropolitan Area Network) merupakan dengan area lebih luas dari LAN. Jaraknya ± 80 km. 
  4. Keuntungan dari MAN yaitu: Dapat terhubung melalui TV kabel, Lebih irit kabel jaringan karena tidak terlalu banyak membutuhkan kabel jaringan.
  5. WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang mempunyai jangkauan sangat luas, tidak terbatas. Misalnya antarpulau, negara, benua bahkan luar angkasa.  
  6. Keuntungan dari WAN adalah: Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang, Pooling dan Updating data antarkantor dapat dilakukan setiap hari, Dokumen atau file dapat dikirim melalui email dan transfer file dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangkau waktu yang cepat.
  7. Perangkat keras jaringan berdasarkan jenis hubungan atau sambungannya adalah sebagai berikut: Hubungan Dial Up, Hubungan Leased Line, Hubungan Wireless, Hubungan VSAT. 
  8. Interjaringan (Interconnection Network atau Internet) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terhubung.Untuk membangun sebuah jaringan internet membutuhkan peralatan jaringan seperti repeater, bridge, router, dan gateway.
  9. Jaringan komputer dapat dibedakan berdasarkan funsinya sebagai berikut: Client-Server yaitu jaringan komputerdengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Dan Peer to peer yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.
  10. Berdasarkan topologinya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi:
  • Gambar disamping adalah gambar Topologi Bus. karakteristiknya sebagai berikut: Node-node dihubungkan secara serial sepanjang kabel ditutup dengan terminator. Sangat sederhana dalam instalasi. sangat ekonomis dalam biaya. Tidak diperlukan hub. Problem sering terjadi jika salah satu node rusak.
  • Topologi Bintang (star). Karakteristiknya sebagai berikut: Setiap node berkomunikasi langsung dengan hub, Sangat mudah dikembangkan, Tipe kabel yang digunakan jenis UTP.
  • Topologi Cincin (ring) karakteristiknya yaitu node node dihubungkan secara serial dengan bentuk lingkaran. Sangat sederhana dalam layout. Tipe kabel yang digunakan yaitu patch cable (IBM tipe 6).

  • Topologi Mesh. Karakteristiknya dalah sebagai berikut memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada. Susunan  dalam jaringannya saling terhubung satu sama lain.

  • Topologi Pohon (tree) merupakan bentuk yang lebih luas. Terhubung kepada sebuah pusat pengendali (central HUB) yang berfungsi mengatur lalu lintas didalam jaringan. 



0 komentar:

Poskan Komentar